PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul : STRUKTUR KEILMUAN PAI
B.
Kegiatan Belajar : PENGEMBANGAN
KURIKULUM PAI DI SEKOLAH (KB 4 )
C. Refleksi
NO |
BUTIR REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
1 |
Konsep (Beberapa
istilah dan definisi) di KB |
1. Tentang
Pengembangan Kureikulum PAI di sekolah Pendidikan
agama Islam sangat dibutuhkan bagi umat Islam, agar dapat memahami secara
benar ajaran islam sebagai agama yang sempurna ( kamil ), kesempurnaan ajaran
Islam yang dipelajari secara integral ( kaffah) diharapkan dapat meningkatkan
kualitas umat Ilam dalam keseluruhan aspek kehidupanya. Ø Kemajuan
ilmu pengetahuan memperkuat dampak globalisasi dan kemajuan teknologi
tersebut. Ø Kenyataan
adanya amanat legal dan kehidupan manusia yang berubah cepat yang menyebabkan
perubahan dan penyempurnaan kurikulum sekolah merupakan suatu keniscyaan yang
tak dapat dihindari. 2. Landasn
Pengembangan Kurikulum PAI a. Landasan
Filosofi Landasna
filosofi dalam pengembangan kurikulum menentukan kualitas perserta didik yang
akan dicapai kurikulum sumber dan isi dari kurikulum proses pembelajaran,
posisi perserta didik, penilaian hasil belajar, hubungan persrta didik dengan
masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya. b. Landasan
Teoritis Kurikulum
PAI 2013 dikembangkan atas teori’’ pendidikan berdasarkan standar’’ (
standard based education ) dari teori kurikulum berbasis kompetensi (
competency based curriculum ). c. Landasan
Yuridis Landasan
yuridis Kurikulum PAI 2013 adalah : 1) Umdang-undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 2) Undang=undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 3) Undang-undang
Nomor 17 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional,
berserta segala kententuanyang dituangkan Rencana Pembangunan Jangka Menegah
Nasional ; dan 4) Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
sebagaimana telah diubah dengan peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013
Tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang
Standar Nasional Pendidikan 3. Arah
Pengembangan Kurikulum PAI di sekolah ·
Pengembangan aspek
Ideologis-Filosofi PAI Pendidikan
Agama Islam sesunguhnya mengahadapi permasalahan yang sangat serius dalam
tataran filosofi, karena wacana pengetahuan dan teknologi saat ini berjalan
tanpa kendali agama. ·
Pengembangan PAI Aspek
Budaya Religius Sekolah Jauh
pangang dari api, jika kita mengaharapkan terwujudnya kepribadian yang Islami
dengan tanpa didukung oleh suasana sekolah yang kondusif. ·
Pengembangan Aspek
Kompetensi PAI Dalam
wacana Belum terliahat bahwa manusia terdiri atas aspek jasmani dan
ruhani.dimana tampilan jasmani dilihat melalui aspek psikomotorik dan
tampilan ruhani diamati dari aspek kognotif dan efektif. 4. Pendekatan
Multidisiplin sebagai Alternatif Pengembangan PAI Masalah
terpenting yang ada dalam pembahasn kurikulum menyangkut masalah kondisi
kurikulum itu sendiri yang sudah semstinya diadakan inovasi atau bahkan
reformasi secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika wacana dan masanya. Dari
sudut pendekatan tanpak jelas bahwa kurikulum PAI selama ini cendrung hanya
mengunakan pendekatan yang dominan rasional. |
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
|
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
|
0 Komentar