PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH (KB 4 )

 

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : STRUKTUR KEILMUAN PAI

B.     Kegiatan Belajar   : PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH (KB 4 )

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

 

1.    Tentang Pengembangan Kureikulum PAI di sekolah

Pendidikan agama Islam sangat dibutuhkan bagi umat Islam, agar dapat memahami secara benar ajaran islam sebagai agama yang sempurna ( kamil ), kesempurnaan ajaran Islam yang dipelajari secara integral ( kaffah) diharapkan dapat meningkatkan kualitas umat Ilam dalam keseluruhan aspek kehidupanya.

Ø  Kemajuan ilmu pengetahuan memperkuat dampak globalisasi dan kemajuan teknologi tersebut.

Ø  Kenyataan adanya amanat legal dan kehidupan manusia yang berubah cepat yang menyebabkan perubahan dan penyempurnaan kurikulum sekolah merupakan suatu keniscyaan yang tak dapat dihindari.

2.    Landasn Pengembangan Kurikulum PAI

a.    Landasan Filosofi

Landasna filosofi dalam pengembangan kurikulum menentukan kualitas perserta didik yang akan dicapai kurikulum sumber dan isi dari kurikulum proses pembelajaran, posisi perserta didik, penilaian hasil belajar, hubungan persrta didik dengan masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya.

b.    Landasan Teoritis

Kurikulum PAI 2013 dikembangkan atas teori’’ pendidikan berdasarkan standar’’ ( standard based education ) dari teori kurikulum berbasis kompetensi ( competency based curriculum ).

c.    Landasan Yuridis

Landasan yuridis Kurikulum PAI 2013 adalah :

1)    Umdang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

2)    Undang=undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

3)    Undang-undang Nomor 17 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, berserta segala kententuanyang dituangkan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional ; dan

4)    Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

3.    Arah Pengembangan Kurikulum PAI di sekolah

·         Pengembangan aspek Ideologis-Filosofi PAI

Pendidikan Agama Islam sesunguhnya mengahadapi permasalahan yang sangat serius dalam tataran filosofi, karena wacana pengetahuan dan teknologi saat ini berjalan tanpa kendali agama.

·         Pengembangan PAI Aspek Budaya Religius Sekolah

Jauh pangang dari api, jika kita mengaharapkan terwujudnya kepribadian yang Islami dengan tanpa didukung oleh suasana sekolah yang kondusif.

·         Pengembangan Aspek Kompetensi PAI

Dalam wacana Belum terliahat bahwa manusia terdiri atas aspek jasmani dan ruhani.dimana tampilan jasmani dilihat melalui aspek psikomotorik dan tampilan ruhani diamati dari aspek kognotif dan efektif.

 

4.    Pendekatan Multidisiplin sebagai Alternatif Pengembangan PAI

Masalah terpenting yang ada dalam pembahasn kurikulum menyangkut masalah kondisi kurikulum itu sendiri yang sudah semstinya diadakan inovasi atau bahkan reformasi secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika wacana dan masanya.

Dari sudut pendekatan tanpak jelas bahwa kurikulum PAI selama ini cendrung hanya mengunakan pendekatan yang dominan rasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar