ASESMEN NASIONAL DAN RAPORT PENDIDIKAN (KB 4 )
PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul : EVALUASI PEMBELAJARAN
B. Kegiatan
Belajar : ASESMEN NASIONAL DAN RAPORT
PENDIDIKAN (KB 4)
C. Refleksi
|
NO |
BUTIR
REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
|
1 |
Konsep (Beberapa
istilah dan definisi) di KB |
A.
Asesmen
Kompetensi Minimum ( AKM ) 1.
Pengertian
Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) Aesmen kompetensi minimum ( AKM )
merupakan penilaian kompetensi mendasar yang di perlukan oleh semua siswa
untuk mempu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada
masyarakat. 2.
Tujuan
Asesmen Kopetensi Minimum ( AKM ) Ø
Dalam
pemelajaran terdapat tiga komponen penting, yaitu tujuan pem belajaran yang
menetapkan tentang kompetensi apa yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa,
proses pembelajaran yang menetapkan tentang bagaimana cara untuk mencapai
tujuan yang dihararap kan , dan asesmen yang hasilnya dapat menggambarkan
kompetensi apa yang sudah dicapai dari tujuan tersebut. 3.
Komponen
Asesmen KompetensiMinimum (AKM) Ø
Untuk
memastikan AKM mengukur kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan, juga
sesuai dengan penertian Literasi Membaca dan Literasi Numerasi yang telah
disampaikan terdahulu, soal AKM diharapkan tidak hanya mengukur topik atau
konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat
proses kognitif. 4.
Laporan
Hasil AKM Ø
Hasil
AKM dilaporkan dalam empat kelompok yang menggambarkan tingkat kompetensi
yang berbeda. Urutan tingkat kompetensi dari yang paling kurang adalah: ·
Perlu
investasi khusus ·
Dasar ·
Cakap ·
Mahir 5.
Pemanfaatan
Hasil AKM ü
Menguasai
konten Laporan hasil AKM dapat
dimanfaatkan untuk menguasai konten sebagai impilasi lintas mata
pembelajaran. Polaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru sebagai
mata pelajaran untuk menyusunstrategi pembelajaran yang efektif dan
bekualitas. ü
Menguasai
Literasi Numerasi ·
Pelru
Intervensi Khusus ·
Dasar
·
Cakap ·
Mahir B.
Asesmen
Survey Karakter Ø
Asesmen
survey karakter adalah asesmen yang dirancang untuk mengukur capaian perserta
didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk
mencetak profil pelajar pancasilah. Ø
Profil
pelajar pancasila adalah beriman, bertakwa, berakhlak mulia, bemalar kritis,
mandiri, kreatif, gotong royong, dan berkebhinikaan global. C.
Asesmen
Survey lingkungan Ø
Asesmen
survey Lingkungan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi dan
memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. Ø
Survey
lingkungan belajar merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas
berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun ditingkat
satuan pendidikan. |
|
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
|
|
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
|

0 Komentar