PAI EVALUASI PEMBELAJARAN ASESMEN NASIONAL DAN RAPORT PENDIDIKAN MODUL 4 ( LK-KB4 )

 



ASESMEN NASIONAL DAN RAPORT PENDIDIKAN (KB 4 )



PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : EVALUASI PEMBELAJARAN

B.   Kegiatan Belajar   : ASESMEN NASIONAL DAN RAPORT PENDIDIKAN (KB 4)

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.   Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM )

1.    Pengertian Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM )

           Aesmen kompetensi minimum ( AKM ) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang di perlukan oleh semua siswa untuk mempu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

2.    Tujuan Asesmen Kopetensi Minimum ( AKM )

Ø  Dalam pemelajaran terdapat tiga komponen penting, yaitu tujuan pem belajaran yang menetapkan tentang kompetensi apa yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa, proses pembelajaran yang menetapkan tentang bagaimana cara untuk mencapai tujuan yang dihararap kan , dan asesmen yang hasilnya dapat menggambarkan kompetensi apa yang sudah dicapai dari tujuan tersebut.

3.    Komponen Asesmen KompetensiMinimum (AKM)

Ø  Untuk memastikan AKM mengukur kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan, juga sesuai dengan penertian Literasi Membaca dan Literasi Numerasi yang telah disampaikan terdahulu, soal AKM diharapkan tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif.

4.    Laporan Hasil AKM

Ø  Hasil AKM dilaporkan dalam empat kelompok yang menggambarkan tingkat kompetensi yang berbeda. Urutan tingkat kompetensi dari yang paling kurang adalah:

·         Perlu investasi khusus

·         Dasar

·         Cakap

·         Mahir

5.    Pemanfaatan Hasil AKM

ü  Menguasai konten

Laporan hasil AKM dapat dimanfaatkan untuk menguasai konten sebagai impilasi lintas mata pembelajaran. Polaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru sebagai mata pelajaran untuk menyusunstrategi pembelajaran yang efektif dan bekualitas.

ü  Menguasai Literasi Numerasi

·         Pelru Intervensi Khusus

·         Dasar

·         Cakap

·         Mahir

B.   Asesmen Survey Karakter

Ø  Asesmen survey karakter adalah asesmen yang dirancang untuk mengukur capaian perserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak profil pelajar pancasilah.

Ø  Profil pelajar pancasila adalah beriman, bertakwa, berakhlak mulia, bemalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong, dan berkebhinikaan global.

C.   Asesmen Survey lingkungan

Ø  Asesmen survey Lingkungan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Ø  Survey lingkungan belajar merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun ditingkat satuan pendidikan.

 

 

 

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar