PAI EVALUASI PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DAN PENGOLAHAN NILAI HASIL BELAJAR MODUL 4 ( LK-KB3 )

 

 PENGEMBANGAN DAN PENGOLAHAN NILAI HASIL BELAJAR (KB 3)

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.    Judul Modul : EVALUASI PEMBELAJARAN

B.     Kegiatan Belajar       : PENGEMBANGAN DAN PENGOLAHAN NILAI HASIL BELAJAR (KB 3)

 

C.     Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar

1.      Pembuatan Tabel Spessifikasi

·         Menentukan pokok bahasan/ materi pelajaran dengan prosentasenya pada masing-masing materi

·         Menetapkan jumlah total soal yang akan disusun.

·         Menetapkan level aspek tingkah laku yang inig di ukur

·         Menetapkan jumlah soal pada masing-masing level.

2.      Merumuskan Idikator

3.      Merumuskan soal

4.      Melakukan uji coba soal

5.      Melakukan analisis butir soal

6.      Memperbaiki soal

7.      Melaksnakan tes

8.      Menafsirkan hasil tes

B. Analisis Hasil Tes Belajar

1. Analisis Tingkat Kesukaran

·         Soal bentuk Objektif

·         Soal bentuk Essay

2. Analisis Daya Pembeda Soal

·         Soal bentuk objektif

·         Soal bentuk Essay

3. Analisis Pola Jawab Soal

·         Option Kunci

·         Option Pengecoh

·         Omit

4. Analisis Validitas Tes

a.validitas  Tes

      Validitas berasal dari kata dasar valid yang secara bahasa berarti shahih atau tepat sedangkan menurut istilah valid adalah mengukur apa yang seharusnya ingin diukur.

 

b. Jenis-jenis validitas Tes

·         Validitas Logis

·         Validitas Empiris

5. Analisis Reliabilitas Tes

Ø  Secara bahasa , reliabilitas berasal dari kata realibel yang berarti andal atau terpercaya, sedandkan dari segi istilah adalah tingkatan kepercayaan hasil tes yang di ukur dari timgkat konsitensi hasil tes meskipun dilakukan berkali-kali pada kelompok yang sama.

Ø  Cara mencari realibilitas Tes

·         Tes ulangan

·         Tes parallel/equivalent

·         Tes belah dua/ spilt half

 

C.P engelolaan Nilai Hasil Belajar

Ø  Tes objektif

Ø  Tes Subjektif ( Essay )

 

D.Pelaksanaan Program Tindak lajut

Ø  Program Remedial

·         Program remedial dapat dilaksanakan melalui bimbingan secara perorangan, bila kesulitan yang dihadapi beberapa peserta didik berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik;

·         Pemberian bimbingan dapat dilaksanakan secara  kelompok, bila terdapat beberapa peserta didik mengalami kesulitan yang sama;

·         Jika kesulitan belajar dihadapi oleh sebagian besar siswa, maka program remedial dilakukan dengan melakukan pemelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda sesuai dengan gaya belajar peserta didik;  

Ø  Prinsip- prinsip program remedial

Adapun prinsip-prinsip program remedial yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

ü  Adaptif . Guru harus menyesuaikan metode dan media pembelajaran sesuai dengan daya tangkap, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing.

ü  Interaktif. Bersifat interaktif  dengan keaktifan pendidik untuk secara intensif  berinteraksi dengan peserta didik dan memonitoring  terhadap kemajuan belajar peserta didik.

ü  Menggunakan berbagai metode pembelajaran dan penilaian

ü  Menggunakan berbagai metode pembelajaran dan metode penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Ø  Langkah-langkah program remedial

Adapun langkah-langkah  program remedial adalah sebagai berikut:

ü  Menganalisis kebeutuhan, yaitu mengidentifikasi kesulitan atau permasalahan pembelajarandan kebutuhan peserta didik, berdasarkan analisis terhadap peneilaian harian (PH) dan penilaian tenggah semester (PTS).

ü  Menyususun perencanaan bedasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu memperbaiki rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan hasil analisis ke butuhan peserta didik yaitu merancang pembelajaran yang meliputi merancang rencana pembelajaran dan merancang kegiatan pembelajaran;

ü  Melaksanakan program remedial;

ü  Melaksanakan penilaian  untuk  mengetahui keberhasilan peserta didik;

ü  Menetapkan niali yang diperoleh peserta didik setelah program remedial sebagai nilai akhir capaian KD muatan pemelajaran.

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar