PENGEMBANGAN DAN PENGOLAHAN NILAI HASIL BELAJAR (KB 3)
PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A. Judul Modul :
EVALUASI PEMBELAJARAN
B.
Kegiatan Belajar :
PENGEMBANGAN DAN PENGOLAHAN NILAI HASIL BELAJAR (KB 3)
C.
Refleksi
|
NO |
BUTIR
REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
|
1 |
Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB |
A.Pengembangan
Instrumen Penilaian Hasil Belajar 1.
Pembuatan
Tabel Spessifikasi ·
Menentukan
pokok bahasan/ materi pelajaran dengan prosentasenya pada masing-masing
materi ·
Menetapkan
jumlah total soal yang akan disusun. ·
Menetapkan
level aspek tingkah laku yang inig di ukur ·
Menetapkan
jumlah soal pada masing-masing level. 2.
Merumuskan
Idikator 3.
Merumuskan
soal 4.
Melakukan
uji coba soal 5.
Melakukan
analisis butir soal 6.
Memperbaiki
soal 7.
Melaksnakan
tes 8.
Menafsirkan
hasil tes B. Analisis Hasil Tes Belajar 1. Analisis Tingkat Kesukaran ·
Soal
bentuk Objektif ·
Soal
bentuk Essay 2. Analisis Daya Pembeda Soal ·
Soal
bentuk objektif ·
Soal
bentuk Essay 3. Analisis Pola Jawab Soal ·
Option
Kunci ·
Option
Pengecoh ·
Omit 4. Analisis Validitas Tes a.validitas
Tes Validitas
berasal dari kata dasar valid yang secara bahasa berarti shahih atau tepat
sedangkan menurut istilah valid adalah mengukur apa yang seharusnya ingin
diukur.
b. Jenis-jenis validitas Tes ·
Validitas
Logis ·
Validitas
Empiris 5. Analisis Reliabilitas Tes Ø
Secara
bahasa , reliabilitas berasal dari kata realibel yang berarti andal atau
terpercaya, sedandkan dari segi istilah adalah tingkatan kepercayaan hasil
tes yang di ukur dari timgkat konsitensi hasil tes meskipun dilakukan
berkali-kali pada kelompok yang sama. Ø
Cara
mencari realibilitas Tes ·
Tes
ulangan ·
Tes
parallel/equivalent ·
Tes
belah dua/ spilt half
C.P engelolaan Nilai Hasil Belajar Ø Tes objektif Ø Tes Subjektif ( Essay )
D.Pelaksanaan Program Tindak lajut Ø Program Remedial ·
Program
remedial dapat dilaksanakan melalui bimbingan secara perorangan, bila
kesulitan yang dihadapi beberapa peserta didik berbeda-beda, sehingga
memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan
dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik; ·
Pemberian
bimbingan dapat dilaksanakan secara
kelompok, bila terdapat beberapa peserta didik mengalami kesulitan
yang sama; ·
Jika
kesulitan belajar dihadapi oleh sebagian besar siswa, maka program remedial
dilakukan dengan melakukan pemelajaran ulang dengan metode dan media yang
berbeda sesuai dengan gaya belajar peserta didik; Ø Prinsip- prinsip
program remedial Adapun prinsip-prinsip
program remedial yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: ü Adaptif . Guru harus
menyesuaikan metode dan media pembelajaran sesuai dengan daya tangkap,
kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. ü Interaktif. Bersifat
interaktif dengan keaktifan pendidik
untuk secara intensif berinteraksi
dengan peserta didik dan memonitoring
terhadap kemajuan belajar peserta didik. ü Menggunakan berbagai
metode pembelajaran dan penilaian ü Menggunakan berbagai
metode pembelajaran dan metode penilaian yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik. Ø Langkah-langkah program
remedial Adapun
langkah-langkah program remedial
adalah sebagai berikut: ü Menganalisis
kebeutuhan, yaitu mengidentifikasi kesulitan atau permasalahan
pembelajarandan kebutuhan peserta didik, berdasarkan analisis terhadap
peneilaian harian (PH) dan penilaian tenggah semester (PTS). ü Menyususun perencanaan
bedasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu memperbaiki rencana pembelajaran
yang disesuaikan dengan hasil analisis ke butuhan peserta didik yaitu
merancang pembelajaran yang meliputi merancang rencana pembelajaran dan
merancang kegiatan pembelajaran; ü Melaksanakan program
remedial; ü Melaksanakan
penilaian untuk mengetahui keberhasilan peserta didik; ü Menetapkan niali yang
diperoleh peserta didik setelah program remedial sebagai nilai akhir capaian
KD muatan pemelajaran. |
|
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
|
|
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
|

0 Komentar