PAI LK. 5a. Menyusun Pengembangan Materi

 

LK. 5a. Menyusun Pengembangan Materi

Materi

Apa

Mengapa

Bagaimana

Untuk Apa

1.    Fiqih

Thaharah (Bersuci)

Pengertian thaharah adalah bersuci dari najis dan hadas.

Najis kotoran yang menjadi sebab terhalangnya seseorang untuk beribadah kepada Allah SWT

Sedangkan Hadas keadaan tidak suci seseorang yang menjadi sebab seseorang tidak dapat melakukan shalat, tawaf dan sebagainya.

Thaharah bertujuan untuk kegiatan bersuci yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam, saat melakukan hal-hal tertentu, seperti halnya dengan melaksanakan shalat dan tawaf.

Kegiatan bersuci dari najis dan hadas meliputi bersuci pakaian, dan tempat. Sedangkan bersuci dari hadas dapat dilakukan dengan cara mandi dan tayamum.

 

1.      Menjelaskan Cara ber Thaharoh (bersuci) dari hadas dan najis.

2.      Menjelaskan pentingnya thahatah (bercuci) dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Membahas pentingnya manfaat thaharoh bagi kehidupan sehari-hari

4.      Mempraktekkan bagai man cara berthaharoh dengan benar.

5.      Menerapkan niali-nilai thaharoh dalam kehidupan sehari-hari.

6.       Mendorong diskusi dan refleksi mengenai cara berhaharah (bersuci) setelah melihat tayangan visual/film tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.

Materi ini bertujuan agar peserta didik memperkuat pemahaman dan pemgalaman berthaharah (bersuci) dalam kehidupan sehari-hari. Serta manfaat thaharah bagi diri sendiri, lingkungan dan alam sekitar.

 


Nama Mahasiswa

LK. 5b. Menyusun LKPD

No

Komponen

Narasi

1

Judul

Mempraktekan  Thaharah (Bersuci)

2

Petunjuk Belajar

1.      Siswa diminta untuk mengamati sebuah gambar serta mempraktekkan terkait dengan materi yang diberikan.

2.      Siswa secara berkelompok mendemonstrasikan Tharaoh

3

CP dan TP

Capaian Pembelajaran

Menjelaskan ketentuan thaharah (bersuci)

Tujuan Pembelajaran

1.7              Peserta didik menjelaskan pengertian thaharah (bersuci) dan menceritakan kaitanya dengan shalat secara baik dengan menggunakan kata-kata sendiri secara lugas dan tegas.

·         Peserta didik memahami ketentuan thaharah (berwudu, tayamum dan mandi sebagai syarat yang mesti dipenuhi sebelum melaksanakan shalat.

·         Peserta didik membedakan antara hadas dan najis  serta menceritakan cara mensucikanya dengan benar dan lancar.

·         Peserta didik mempraktekkan tata cara thaharah (bersuci) dan merancang solusi pada keadaan tertentu.

4

Informasi Pendukung

Seluruh yang tertuang dalam gambar berikut merupakan tata cara berthaharah (bersuci)

5

Tugas dan Langkah Kerja

1.      Tugas dikerjakan secara berkelompok serta di serahkan dipertemuan berikutnya.

2.      Tugas siswa mencermati gambar dan medemontrasikan bersama teman sekelompok.

 

6

Penilaian

·       Partisipasi dalam diskusi kelompok: 20 poin

·       Ketetetapan kejelasan thaharah bersuci : 20 poin

·       Kesesuaian contoh dalam praktek cara bersusi :  30

·       Menjelaskan pentingnya manfaat thaharoh bagi kehidupan sehari-hari : 30 poin

 


Nama Mahasiswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LK. 5c. Menyusun Media Digital (Vidio Sumber Belajar)

 

Nama Media Sumber Belajar

Link

Sumber belajar:

·         BERSUCI (THAHARAH)


 

 

 

 


Nama Mahasiswa

 

Posting Komentar

0 Komentar