LK. 5a.
Menyusun Pengembangan Materi
Materi |
Apa |
Mengapa |
Bagaimana |
Untuk
Apa |
1. Fiqih Thaharah
(Bersuci) |
Pengertian thaharah adalah bersuci dari najis dan hadas. Najis kotoran yang menjadi sebab terhalangnya seseorang
untuk beribadah kepada Allah SWT Sedangkan Hadas keadaan tidak suci seseorang yang
menjadi sebab seseorang tidak dapat melakukan shalat, tawaf dan sebagainya. |
Thaharah bertujuan untuk kegiatan bersuci yang harus
dilakukan oleh setiap umat Islam, saat melakukan hal-hal tertentu, seperti
halnya dengan melaksanakan shalat dan tawaf. Kegiatan bersuci dari najis dan
hadas meliputi bersuci pakaian, dan tempat. Sedangkan bersuci dari hadas
dapat dilakukan dengan cara mandi dan tayamum. |
1.
Menjelaskan
Cara ber
Thaharoh (bersuci) dari hadas dan najis. 2.
Menjelaskan
pentingnya thahatah (bercuci) dalam kehidupan sehari-hari. 3.
Membahas
pentingnya manfaat thaharoh bagi kehidupan sehari-hari 4.
Mempraktekkan
bagai man cara berthaharoh dengan benar. 5.
Menerapkan
niali-nilai thaharoh dalam kehidupan sehari-hari. 6.
Mendorong diskusi dan refleksi
mengenai cara berhaharah (bersuci) setelah melihat tayangan visual/film
tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. |
Materi ini bertujuan agar peserta didik
memperkuat pemahaman dan pemgalaman berthaharah (bersuci) dalam kehidupan
sehari-hari. Serta manfaat thaharah bagi diri sendiri, lingkungan dan alam
sekitar. |
Nama Mahasiswa
LK. 5b.
Menyusun LKPD
No |
Komponen |
Narasi |
1 |
Judul |
Mempraktekan Thaharah (Bersuci) |
2 |
Petunjuk Belajar |
1.
Siswa
diminta untuk mengamati sebuah gambar serta mempraktekkan terkait dengan
materi yang diberikan. 2.
Siswa
secara berkelompok mendemonstrasikan Tharaoh |
3 |
CP dan TP |
Capaian
Pembelajaran Menjelaskan
ketentuan thaharah (bersuci) Tujuan Pembelajaran 1.7
Peserta didik menjelaskan pengertian thaharah
(bersuci) dan menceritakan kaitanya dengan shalat secara baik dengan
menggunakan kata-kata sendiri secara lugas dan tegas. ·
Peserta didik memahami ketentuan thaharah
(berwudu, tayamum dan mandi
sebagai syarat yang mesti dipenuhi sebelum melaksanakan shalat. ·
Peserta didik membedakan antara hadas dan
najis serta menceritakan cara
mensucikanya dengan benar dan lancar. ·
Peserta didik mempraktekkan tata cara thaharah
(bersuci) dan merancang solusi pada keadaan tertentu. |
4 |
Informasi Pendukung |
Seluruh yang tertuang dalam
gambar berikut merupakan tata cara berthaharah (bersuci) |
5 |
Tugas dan Langkah Kerja |
1.
Tugas
dikerjakan secara berkelompok serta di serahkan dipertemuan berikutnya. 2.
Tugas
siswa mencermati gambar dan medemontrasikan bersama teman sekelompok. |
6 |
Penilaian |
· Partisipasi dalam
diskusi kelompok: 20 poin · Ketetetapan
kejelasan thaharah bersuci : 20 poin · Kesesuaian contoh
dalam praktek cara bersusi : 30 · Menjelaskan pentingnya manfaat thaharoh bagi
kehidupan sehari-hari : 30 poin |
Nama Mahasiswa
LK. 5c.
Menyusun Media Digital (Vidio Sumber Belajar)
Nama
Media Sumber Belajar |
Link |
Sumber belajar: · BERSUCI (THAHARAH) |
|
Nama Mahasiswa
0 Komentar