PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
B. Kegiatan
Belajar : KONSEP PEMBELAJARA DALAM KURIKULUM 2013 (KB 4 )
C. Refleksi
NO |
BUTIR REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
1 |
Konsep (Beberapa
istilah dan definisi) di KB |
A. Konsep
Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Pembelajaran
dengan kurikulum 2013 ditunjukan mengembangkan potensi perserta didik agar
memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman,
produktif, Kreatif , Inovatif, dan Aktif serta mampu berkontrobusi pada
kehodupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban dunia. ·
Sikap ·
Pengetahuan ·
Keterampilan B.
Pengertian
dan Hubungan SKL, KI-KD, Indikator dan Tujuan Pembelajaran ·
Standar Kompetensi
Lulusa ( SKL ) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. ·
KI merupakan tingkat
kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki
seorang perserta didik pada setiap tingkat kelas. ·
KD merupakan
kemampuan dan materi pembelajaran menimal yang harus dicapai perserta didik
untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mngacu
pada kompetensi inti. C. Prinsip-prinsip
Pembelajaran Kurikulum 2013 Dengan adanya perubahan pada standar Kompetensi
Lulusan, Standar isi, Standar proses dan Standar Penilaian. D. Langkah-langkah
Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 1) Perencanaan
Pembelajaran ·
Silabus ·
Rencana Pelasanaan
Pembelajaran 2) Pelaksanan
Pembelajaran ·
Kegiatan Pendahuluan ·
Kegitatan Inti ·
Kegiatan Penutup 3) Penilaian
Pembeljaran E. MenataKelas
Pembelajara Aktif dan Dinamis ·
Mobilitas ·
Aksesibilitas ·
Komunikasi ·
Intraksi ·
Dinamika ·
Variasi kerja
perserta didik F. Kurikulum
Mardeka Belajar Konsep ini merupakan respons terhadap kebutuhan
sistem pendidikan pada era revolusi industri. |
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
Authetic assesment
: yaitu menilai kemampuan rill siswa dalam kaitannyakehidupan sehari-hari. |
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
Pembelajaran K-13
Perserta didik didorong untuk menemukan sendiri dan mentranformasikan
informasi komleks, mengecek informasi baru dengan yang sudah ada, dan
melakukan pengembangan menjadi informasi atau kemampuan yang sesuai dengan
lingkungan dan jaman dimana dia hidup. |
0 Komentar