MODUL 1 TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN LK-KB 4

 

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

B.   Kegiatan Belajar   : KONSEP PEMBELAJARA DALAM KURIKULUM 2013 (KB 4 )

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.    Konsep Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013

          Pembelajaran dengan kurikulum 2013 ditunjukan mengembangkan potensi perserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, Kreatif , Inovatif, dan Aktif serta mampu berkontrobusi pada kehodupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban dunia.

·         Sikap

·         Pengetahuan

·         Keterampilan

 

B.     Pengertian dan Hubungan SKL, KI-KD, Indikator dan Tujuan Pembelajaran

·         Standar Kompetensi Lulusa ( SKL ) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.

·         KI merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang perserta didik pada setiap tingkat kelas.

·         KD merupakan kemampuan dan materi pembelajaran menimal yang harus dicapai perserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mngacu pada kompetensi inti.

C.     Prinsip-prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013

Dengan adanya perubahan pada standar Kompetensi Lulusan, Standar isi, Standar proses dan Standar Penilaian.

D.     Langkah-langkah Pembelajaran dalam Kurikulum 2013

1)      Perencanaan Pembelajaran

·         Silabus

·         Rencana Pelasanaan Pembelajaran

2)      Pelaksanan Pembelajaran

·         Kegiatan Pendahuluan

·         Kegitatan Inti

·         Kegiatan Penutup

3)      Penilaian Pembeljaran

E.      MenataKelas Pembelajara Aktif dan Dinamis

·         Mobilitas

·         Aksesibilitas

·         Komunikasi

·         Intraksi

·         Dinamika

·         Variasi kerja perserta didik

F.      Kurikulum Mardeka Belajar

Konsep ini merupakan respons terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi industri.

 

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

Authetic assesment : yaitu menilai kemampuan rill siswa dalam kaitannyakehidupan sehari-hari.

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

Pembelajaran K-13 Perserta didik didorong untuk menemukan sendiri dan mentranformasikan informasi komleks, mengecek informasi baru dengan yang sudah ada, dan melakukan pengembangan menjadi informasi atau kemampuan yang sesuai dengan lingkungan dan jaman dimana dia hidup.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar