MODUL 1( TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ) LK-KB 3

 

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

B.   Kegiatan Belajar   : KONSEP PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM        MARDEKA  (KB 3 )

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.Konsep Pembelajaran

Pembelajaran dilakukan dalam mewujudkan Pendidikan Nasional dan Profil Pelajar Pancasila.

Untuk mencapai profil pelajar pancasila, perlu terwujud pembelajaran yang mengandung prinsip sebagai berikut :

1.    Berbasis tingkat pencapaian perserta didik, kebutuhan belajar, karakter dan perkembangannya.

·         Mendukung terbentuknya kesejahtraan ( well being ) perserta didik

·         Menghormati dan menghargai hak perserta didik untuk belajar

·         Bermakna dan menyenangkan

·         Inklussif

2. Berorentasi kepada pembagunan kapasitas belajar perserta didik dan kapasitas mereka untuk menjadi pemelajar sepanjang hayat.

·         menanamkan growth-mindset

                   growth-mindset berarti pola pikir bahwa        segala kemampuan atau bakat yang dimiliki seseorang yang dimilikinya sejak kecil merupakan permulaan.

·         Memberlakukan self dan peer assessment

Self assessment berarti penilaian yang dilakukan terhadap penomena pribadi.

·         Menanamkan rasa owenership ( kepemilikan  ) terhadap proses belajar bagi perserta didik, sementara guru berperan sebagai fasilator.

3. Mendukung perkembangan kognitif dan karakter perserta didik secara holistik dan berkelanjutan

4. Relevan yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks kehidipan dan budaya perserta didik serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra

5. Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan

 

   B.Keterkaitan antara Pembelajaran dan Asessmen

Ada beberapa hal yang secara tegas membuktikan keterkaitan pembelajaran dengan asesmen di antaranya :

1. Asesmen dikembangkan sejak aewal perencanaan pembelajaran sehingga kegiatan asesmen teritergrasi dan berkaitan erat dengan  pembelajaran

2. Rangkaian antara tujuan asesmen perencanaan pembelajaran kegietan belajar adalah suatu siklus yang berkelajutan

3. Keterkaitan antara tujuan pembelajran dengan asesmen yang dirancang , termasuk dengan kateria penilaian hasil belajar siswa

C.Pembelajaran yang sesuai dengan Tingkat Kempuan

·         Asesmen

Untuk bisa membuat pembelajaran yang berpusat pada perserta didik, maka asesmen menjadi tahap pertama yang kita harus kita lakukan.

·      Perencanaan

Setelah berhasil mengidentifikasi, tingkat capaian kemampuan maka bagian berikutnya adalah menyusun proses pembelajaran yang sesuai dengan data asesmen.

·      Pembelajaran

Selama proses pembelajaran ini, perlu dibuat adanya asesmen-asesmen berkala untuk melihat proses pemahaman murid, kemajuan selama pembelajaran atau bisa disebut  asesmen formatif.

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar