PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
B. Kegiatan
Belajar :
KONSEP PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM
MARDEKA (KB 3 )
C. Refleksi
NO |
BUTIR REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
1 |
Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB |
A.Konsep Pembelajaran Pembelajaran
dilakukan dalam mewujudkan Pendidikan Nasional dan Profil Pelajar Pancasila. Untuk mencapai
profil pelajar pancasila, perlu terwujud pembelajaran yang mengandung prinsip
sebagai berikut : 1. Berbasis
tingkat pencapaian perserta didik, kebutuhan belajar, karakter dan
perkembangannya. ·
Mendukung terbentuknya
kesejahtraan ( well being ) perserta didik ·
Menghormati dan menghargai
hak perserta didik untuk belajar ·
Bermakna dan menyenangkan ·
Inklussif 2. Berorentasi kepada pembagunan kapasitas
belajar perserta didik dan kapasitas mereka untuk menjadi pemelajar sepanjang
hayat. ·
menanamkan growth-mindset growth-mindset berarti
pola pikir bahwa segala
kemampuan atau bakat yang dimiliki seseorang yang dimilikinya sejak kecil
merupakan permulaan. ·
Memberlakukan self dan
peer assessment Self
assessment berarti penilaian yang dilakukan terhadap penomena pribadi. ·
Menanamkan rasa owenership
( kepemilikan ) terhadap proses
belajar bagi perserta didik, sementara guru berperan sebagai fasilator. 3.
Mendukung perkembangan kognitif dan karakter perserta didik secara holistik
dan berkelanjutan 4.
Relevan yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks kehidipan dan budaya
perserta didik serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra 5.
Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan B.Keterkaitan
antara Pembelajaran dan Asessmen Ada beberapa hal
yang secara tegas membuktikan keterkaitan pembelajaran dengan asesmen di
antaranya : 1.
Asesmen dikembangkan sejak aewal perencanaan pembelajaran sehingga kegiatan
asesmen teritergrasi dan berkaitan erat dengan pembelajaran 2. Rangkaian antara tujuan
asesmen perencanaan pembelajaran kegietan belajar adalah suatu siklus yang
berkelajutan 3. Keterkaitan antara
tujuan pembelajran dengan asesmen yang dirancang , termasuk dengan kateria
penilaian hasil belajar siswa C.Pembelajaran yang sesuai
dengan Tingkat Kempuan ·
Asesmen Untuk
bisa membuat pembelajaran yang berpusat pada perserta didik, maka asesmen
menjadi tahap pertama yang kita harus kita lakukan. · Perencanaan Setelah
berhasil mengidentifikasi, tingkat capaian kemampuan maka bagian berikutnya
adalah menyusun proses pembelajaran yang sesuai dengan data asesmen. · Pembelajaran Selama
proses pembelajaran ini, perlu dibuat adanya asesmen-asesmen berkala untuk
melihat proses pemahaman murid, kemajuan selama pembelajaran atau bisa
disebut asesmen formatif. |
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
|
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
|
0 Komentar