MODUL 1 TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN LK_1

 

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

B.  Kegiatan Belajar   : TEORI BELAJAR HUMANISTIK, KONSTRUKTIVISTIK, DAN TEORI BELAHJAR SOSIAL SERTA PENERAPANNYA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN (KB 2 )

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.   TEORI BELAJAR HUMANISTIK

1.    .Pengertian Belajar Menurut Teori Humanistik

Teori belajar ini berusaha memahami prilaku belajar dari sudut pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatannya.

2.    Teori Belajar Menurut Para Ahli Humanistik

·         Carl R, Rogers

Belajar yang sebenarnya tidak dapat berlangsung bila tidak ada keterlibatan intelektual maupun emosional perserta didik.

·         Arthur Combs

Adalah konsep dasar yang sering digunakan dan belajar terjadi bila mempunyai arti bagi individu

·         Abraham Maslow

Maslow mengemukakan bahwa individu berprilaku dalam upaya untuk mengetahui kebutuhan yang bersifat hirarkis.

B.    Teori Belajar Konstruktivisme

Teori belajar kontruktivisme adalah sebuah teori yang memberikan kebasan terhadap manusia yang ingin belajar atau ingin mencari kebutuhannya dengan kemampuan menemukan keinginan atau kebutuhan tersebut dengan bantuan orang lain, sehingga teori ini memberikan keaktifkan terhadap seorang untuk  belajar menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan, atau teknologi dan hal lain yang diperlukan guna mengembangkan dirinya sendiri.

·         Hukum genetiktentang perkembangan

·         Mediasi

 

C.   Teori Belajar Sosial

             Teori belajar sosial merupakan perluasan dari teori berlajar prilaku yang tradisional ( behavioristik ) yang di kembangkan oleh Albert Bandura.

·         Teori pembelajaran sosial badura adalah manusia cukup fleksibel dan sanggup mempelajari bagaimana kecakapan maupun berprilaku.

·         Fungsi penguatan dalam proses modeling yaitu sebagai fungsi informasi dan fungsi motivasi.

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

1.Zona Perkembangan proksimal terdekat adalah ide bahwa siswa belajar konsep paling baik apabila konsep itu berada pada zona perkembangan terdekat mereka.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar