PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul : PENGEMBANGAN PROFESI GURU
B. Kegiatan
Belajar : KODE ETIK GURU (KB 3 )
C. Refleksi
|
NO |
BUTIR REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
|
1 |
Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB |
A. Pengertian
dan tujuan Kode Etik Profesi Menurut
hornby sebagaimana dijelaskan Udin Saefuddin Saud (2009) kode etik secara
leksikal didefinisikan sebagai berikut ”code
as colellection of laws arranged in a
system; or system rules and prinsiples that has been accepted by society or a
class or gruop of people”, dan “ethic
as system of moral principles, rules of condict” B. Kode
Etik Profesi Keguruan Keguruan merupakan suatu
jabatan prefesional karena pelaksaannya menuntut keahlian tertentu
melalui pendidikan formal yang khusus
serta rasa tanggung jawab tertentu dan pelaksaannya. Suatu profesi merupakan
posisi yang dipegang oleh orang-orang yang mempunyai dasar pengetahuan dan
keterampilan dan sikap khusus tertentu dan terdapat pengakuan dan masyarakat
sebagai suatu keahlian. Keahlian tersebut menuntut dipenuhinya standar
persiapan profesi melalui pendidikan khusus, dan dilandasi oleh bidang ke
ilmuan tertentu yang secara
terus-menerus dikembangkan melalui penelitian, serta pengalaman kerja
dalam bidang tersebut. Selanjutnya keanggotaan profesi menuntut keikutsertaan
secara aktif dalam ikatan profesi dan usaha-usaha pengembangan profesi
melalui penelitian dan pelayanan. Meskipun
kode etik itu dijadikan sebagai pedoman atau standar pelaksanaan kegiatan
profesi, tetapi kode etik ini masih memiliki beberapa keterbatasan antara
lain: 1. Beberapa
isu tidak dapat diselesaikan dengan kode etik, 2. Ada
beberapa kesulitan dalam menerapkan kode etik, 3. Kadang-kadang
timbul konflik dalam lingkup kopde etik, 4. Ada
beberapa isu legal dan etika yang tidak dapat tergarap oleh kode etik, 5. Ada
beberapa hal yang dapat diterima dalam waktu atau tempat tertentu, mungkin
tidak cocok dalam waktu atau tempat
lain, 6. Kadang-kadang
ada konflik antara kode etik dan ketentuan hukum, 7. Kode
etik sulit untuk menjangkau lintas budaya, 8. Kode
etik sulit untuk menembus berbagai situasi. C. Etos
Kerja dan Prefesionalisme Guru Profesi diukur berdasarkan kepentingan dan tingkat
kesulitan yang dimiliki. Definisi ini meliputi aspek yaitu: 1. Ilmu
pengetahuan tertentu; 2. Aplikasi
kemampuan / kecakapan; 3. Berkaitan
dengan kepentingan umum; Agama
sebagai sumber norma dan etika kerja telah banyak dicontohkan oleh para nabi
dan ulama terdahulu sehingga mampu memberikan energi dan spirit dalam
melakukan pekerjaan secara profesional. Berikut ini slogan yang kiranya patut
dijadikan landasan etika kerja para guru dalam melaksanakan tugas
pembelajaran: 1. Menjadi
guru adalah meneruskan perjuangan para ulama. Ulama adalah pewaris para nabi. 2. Menjadi
guru adalah ibadah. 3. Menjadi
guru adalah berkah. 4. Menjadi
guru adalah pengabdian ilmu 5. Menjadi
guru adalah amanah Etos kerja merupakan tuntunan internal
untuk berperilaku etis dalam mewujudkan unjuk kerja yang baik dan produktif.
Dengan etos kerja yang baik dan kuat, sangat diharapkan seorang pekerja akan
senantiasa melakukan pekerjaanya secara efektif dan produktif dalam kondisi
pribadi sehat dan berkembang. D. Kode
Etik Guru Indonesia ·
Guru berbakti membimbing
perserta didik untuk membentuk manusia indonesia seutuhnya yang berjiwa
pancasila ·
Guru memiliki dan
melaksankan kejujuran profesioanl ·
Guru berusaha memproleh
informasi tentang perserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan
pembinaan ·
Guru menciptakan suasana
sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar-mengajar E. Kareakter
Guru Abad 21 1. Pengertian
Profil Guru Abad 21 ·
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi abad 21 telah mngubah karakteristik perserta didik
sehinggamelakukan orientasi dan cara pembelajaran yang inovatif. 2. Karakterristik
Guru Abad 21 ·
Berpikir kritis ·
Kreatifitas dan Inovatif ·
Pemahaman lintas budaya ·
Komunikasi 3. Kompetensi
Guru Abad 21 Kompetensi
merupakan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dasar dirifleksikan dalam
kebiasaan berpikir dan bertindak. ·
Kompetensi Pedagogik ·
Kompetensi Kepribadian ·
Kompetensi Sosial ·
Kompetensi Profesional |
|
2 |
Daftar materi
pada KB yang sulit dipahami |
|
|
3 |
Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam
pembelajaran |
|

0 Komentar