PAI PENGEMBENGAN PROFESI GURU MODUL 2 ( LK-KB 3 )

 

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : PENGEMBANGAN PROFESI GURU

B.   Kegiatan Belajar   :  KODE ETIK GURU (KB 3 )

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.    Pengertian dan tujuan Kode Etik Profesi

Menurut hornby sebagaimana dijelaskan Udin Saefuddin Saud (2009) kode etik secara leksikal didefinisikan sebagai berikut ”code as  colellection of laws arranged in a system; or system rules and prinsiples that has been accepted by society or a class or  gruop of people”, dan “ethic as system of moral principles, rules of condict”

 

B.    Kode Etik Profesi Keguruan

               Keguruan merupakan suatu jabatan prefesional karena pelaksaannya menuntut keahlian tertentu melalui  pendidikan formal yang khusus serta rasa tanggung jawab tertentu dan pelaksaannya. Suatu profesi merupakan posisi yang dipegang oleh orang-orang yang mempunyai dasar pengetahuan dan keterampilan dan sikap khusus tertentu dan terdapat pengakuan dan masyarakat sebagai suatu keahlian. Keahlian tersebut menuntut dipenuhinya standar persiapan profesi melalui pendidikan khusus, dan dilandasi oleh bidang ke ilmuan tertentu yang secara  terus-menerus dikembangkan melalui penelitian, serta pengalaman kerja dalam bidang tersebut. Selanjutnya keanggotaan profesi menuntut keikutsertaan secara aktif dalam ikatan profesi dan usaha-usaha pengembangan profesi melalui penelitian dan pelayanan.

 

Meskipun kode etik itu dijadikan sebagai pedoman atau standar pelaksanaan kegiatan profesi, tetapi kode etik ini masih memiliki beberapa keterbatasan antara lain:

 

1.    Beberapa isu tidak dapat diselesaikan dengan kode etik,

2.    Ada beberapa kesulitan dalam menerapkan kode etik,

3.    Kadang-kadang timbul konflik dalam lingkup kopde etik,

4.    Ada beberapa isu legal dan etika yang tidak dapat tergarap oleh kode etik,

5.    Ada beberapa hal yang dapat diterima dalam waktu atau tempat tertentu, mungkin tidak cocok  dalam waktu atau tempat lain,

6.    Kadang-kadang ada konflik antara kode etik dan ketentuan hukum,

7.    Kode etik sulit untuk menjangkau lintas budaya,

8.    Kode etik sulit untuk menembus berbagai situasi.

 

 

C.   Etos Kerja dan Prefesionalisme Guru

Profesi diukur berdasarkan kepentingan dan tingkat kesulitan yang dimiliki. Definisi ini meliputi aspek yaitu:

 

1.    Ilmu pengetahuan tertentu;

2.    Aplikasi kemampuan / kecakapan;

3.    Berkaitan dengan kepentingan umum;

 

Agama sebagai sumber norma dan etika kerja telah banyak dicontohkan oleh para nabi dan ulama terdahulu sehingga mampu memberikan energi dan spirit dalam melakukan pekerjaan secara profesional. Berikut ini slogan yang kiranya patut dijadikan landasan etika kerja para guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran:

1.    Menjadi guru adalah meneruskan perjuangan para ulama. Ulama adalah pewaris para nabi.

2.    Menjadi guru adalah ibadah.

3.    Menjadi guru adalah berkah.

4.    Menjadi guru adalah pengabdian ilmu

5.    Menjadi guru adalah amanah

 

Etos kerja merupakan tuntunan internal untuk berperilaku etis dalam mewujudkan unjuk kerja yang baik dan produktif. Dengan etos kerja yang baik dan kuat, sangat diharapkan seorang pekerja akan senantiasa melakukan pekerjaanya secara efektif dan produktif dalam kondisi pribadi sehat dan berkembang.

 

D.   Kode Etik Guru Indonesia

·         Guru berbakti membimbing perserta didik untuk membentuk manusia indonesia seutuhnya yang berjiwa pancasila

·         Guru memiliki dan melaksankan kejujuran profesioanl

·         Guru berusaha memproleh informasi tentang perserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan

·         Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar-mengajar

 

E.    Kareakter Guru Abad 21

1.    Pengertian Profil Guru Abad 21

·         Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 telah mngubah karakteristik perserta didik sehinggamelakukan orientasi dan cara pembelajaran yang inovatif.

2.    Karakterristik Guru Abad 21

·         Berpikir kritis

·         Kreatifitas dan Inovatif

·         Pemahaman lintas budaya

·         Komunikasi

3.    Kompetensi Guru Abad 21

Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dasar dirifleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.

·         Kompetensi Pedagogik

·         Kompetensi Kepribadian

·         Kompetensi Sosial

·         Kompetensi Profesional

 

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar