PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A. Judul Modul :
PENGEMBANGA PROFESI GURU
B.
Kegiatan Belajar :
PERKEMBANGAN PROFESIONALISME GURU (KB 4 )
C.
Refleksi
NO |
BUTIR
REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
1 |
Konsep (Beberapa
istilah dan definisi) di KB |
A.
Karakter
Guru 1.
Karakter
Guru pada Mardeka Belajar Pembentukan
karakter menjadi kunci dalam proses pendidikan dan pengajaran. Guru sebagai
sosok pendidik profesional hendaknya memiliki karakter dan berakhlak mulia.
Agar dapat membantu pembentukan karakter para peserta didik, para guru
hendaknya, terlebih dahulu memiliki karakter yang akan ditargetkan.Guru
adalah contoh dan teladan, maka sikap dan perbuatan yang dilakukannya tentu
akan dilihat, dicontoh atau ditiru oleh para peserta didik. 2.
Karakter
Moderasi Beragama Peserta didik dalam satu
kelas biasanya berasal dari beragam latar belakang agama, suku bangsa,
bahasa, dan status sosial. Pelajaran agama dikelas merupakan wahana membantu
peserta didik untuk memiliki mengetahui, memahami, dan mampu menjalankan
ajaran agamanya dengan baik dan benar. Selain agama dan kepercayaan yang
beragam, dalam tiap-tiap agama pun terdapat juga keragaman penafsiran atas
ajaran agama, khususnya ketika berkaitan dengan praktik dan ritual agama. Umumnya,
masing-masing penafsiran ajaran agama itu memiliki penganutnya yang mengaku
dan meyakini kebenaran atas tafsir yang dipraktikkannya. B.
Model
Pengembangan Profesionalitas Guru Pengembangan profesionalitas guru
dilakukan berdasarkan kebutuhan institusi, kelompok guru, maupun individu
guru itu sendiri. Dikatakan juga bahwa penembangan guru berdasarkan kebutuhan
institusi adalah penting, namun hal yang lebih penting adalah berdasarkan
kebutuhan individu guru untuk menjalani proses profesonalisasi. Karena
subtansi kajian dan konteks pembelajaran selalu berkembang dan berubah
menurut dimensi ruang dan waktu, guru dituntut untuk selalu meningkatkan
kompetensinya. C.
Strategi
Penembangan Profesionalitas Guru · In- house
training (IHT) · Program
magang ·
Kemitraan sekolah ·
Belajar jarak jauh ·
Pelatihan berjenjang dan pelatihan khusus ·
Kursus singkat di perguruan tinggi atau dilembaga pendidikan
lainnya ·
Pembinaan internal oleh sekolah ·
Pendidikan lanjut ·
Diskusi masalah-masalah pendidikan ·
Seminar ·
Workshop ·
Penelitian ·
Penulisan buku atau bahan ajar ·
Pembuatan media pembelajaran ·
Pembuatan karya teknologi/ karya seni Untuk meningkatkan
profesionalitas guru di sekolah, perlu dirumuskan sebuah instrumen yang jelas
dan akuratyang dapat merekam dan mengambarkan indeks kinerja guru selama
melaksanakan tugasnya sebagai guru. D.
Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan Guru di Kemenag RI Berdarkan PMA No. 38 Tahun 2018 tentang penembangan keprofesian
berkelanjutan guru yang dinisiasi direktorat GTK Ditjen Pendis Kemenag RI merupakan
PMA yang melahirkan konsep pengembangan profesionalisme guru berbasis KKG/ MGMP. Pengembangan keprofesian
Berkelanjutan Guru yang selanjutnya disebut PKB Guru adalah pengembangan
kompentensi bagi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, terhadap,
dan berkelanjutan. PKB Guru bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap profesional guru dalam mengemban tugas sebagai
pendidik. Demikianlah, untuk
menunjukkan profesionalisme –nya para guru hendaknya berupaya untuk terus meningkatkan
kemampuan profesionalnya dan kontinyu mengembangkan strategi-strategi yang
digunakannya dalam melaksankan pekerjaannya. Upaya terus-menerus dari guru
mampu menunjukkan sebagai seorang profesional yang tinggi kualitasnya.
Kualitas atau mutu guru yang tinggi berdampak terhadap proses pendidikannya
yang mampu menghantarkan peserta didik mencapai lulusan yang bermutu yang
siap bersaing di era globalisasi saat ini. |
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
|
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
|
0 Komentar