KONSEP DASAR PENGUKURAN, PENILAIAN, EVALUASI DAN PENERAPANYA DALAM PEMBELAJARAN
PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul : EVALUASI PEMBELAJARAN
B.
Kegiatan Belajar :
KONSEP DASAR PENGUKURAN, PENILAIAN,
EVALUASI DAN PENERAPANYA DALAM PEMBELAJARAN (KB 1 )
C. Refleksi
|
NO |
BUTIR REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
|
1 |
Konsep (Beberapa
istilah dan definisi) di KB |
A.
Konsep
Pengukuran ,Penilaian , dan Evaluasi Pembelajaran 1.
Konsep
Pengukuran Pengukuran dalam bahasa
ingris dikenal dengan kata measurement yang diartikan sebgai kegiatan yang
dilkukan untuk mengukur sesuatu, yakni membandikan sesuatu dengan
keteria/ukuran tertentu atau proses pemasangan fakta-fakta objek ukur dengan
satuan-satuan ukur tertentu. 2. Konsep
Penilaian ( assesment ) Penilaian
adalah semua bentuk pengumpulan informasi oleh guru , kemudian dianalisis,
disintesiskan , diinterprensikan, dan digunakan dalam kelas untuk mengambil
suatu keputusan. 3. Konsep
Evaluasi ( value ) Evaluasi
adalah nilai atau harga. B. Tujuan
dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran ·
Untuk menghimpun
bahan-bahan keterangan, sebagai bukti mengenai taraf perkembangan atau
kemajuan yang dialami siswa setelah mengikuti pembelajaran dalam waktu
tertentu. ·
Untuk mengetahui tingkat
efektifitas dari metode-metode pengajaran yang telah digunakan dalam proses
pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. ·
Memotivasi siswa untuk
memperbaiki dan meningkatkan prestasinya. ·
Untuk mencari dan
menemukan faktor-faktor penyebab keberasilan dan ketidak berhasilan perserta
didik. Ø Fungsi evaluasi
pembelajaran ·
Fungsi adminitratif Hasil
evaluasi pembelajaran dapat berfungsi sebagai bahan pemberian laporan kepada
orang tua atau pihak-pihak yang berkepentingan. ·
Fungsi diagnostik Hasil
evaluasi memiliki fungsi diagnostik yaitu mengindentifikasi masalah atau
kesulitan yang dialami siswa dan sekaligus berfungsi untuk merencanakan
tindak lanjut berupa upaya-upaya pemecahan masalah. C. Objek
Evaluasi hasil Pembelajaran Ø Domain
kognitif ·
Pengetahuan ·
Pemahaman ·
Penerapan ·
Analisis ·
Sisntensis Ø Ranah
Afektif ·
Kemauan menerima ·
Menanggapi / menjawab ·
Menilai ·
Organisasi ·
Menghayati Ø Ranah
psikomtorik ·
Imitasi ·
Manipulasi ·
Presisi ·
Artikulasi ·
Naturalisasi D. Prinsip
– prinsip Evaluasi Pembelajaran Ø Objektivitas
Ø Komprehensif
Ø Tranparasi Ø Koherensi Ø Kontinyuitas
Ø Berkradilan E. Jenis
– jenis Evaluasi Pembelajaran Ø Evaluasi
Formatif Ø Evaluasi
Sumatif Ø Evaluasi
Seleksi Ø Evaluasi
Penetapan Ø Evaluasi
Dignotif F. Alat-alat
Evaluasi Pembelajaran Ø Tes
adalah alat ukur yang disusun secara sistematis, digunakan dalam rangka
kegiatan pengukuran yaitu untuk menguku karakteristik orang atau objek
tertentu dengan ketentuan atau cara yang sudah di tentukan. ·
Tes Tertulis ·
Tes lisan ·
Tes berbuatan |
|
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
|
|
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
|

0 Komentar