PAI EVALUASI PEMBELAJARAN MODUL 4 ( LK-KB1 )

         KONSEP DASAR PENGUKURAN, PENILAIAN,     EVALUASI DAN PENERAPANYA DALAM                    PEMBELAJARAN


PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : EVALUASI PEMBELAJARAN

B.   Kegiatan Belajar   : KONSEP DASAR PENGUKURAN, PENILAIAN,     EVALUASI DAN PENERAPANYA DALAM PEMBELAJARAN (KB 1 )

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.    Konsep Pengukuran ,Penilaian , dan Evaluasi Pembelajaran

1.      Konsep Pengukuran

Pengukuran dalam bahasa ingris dikenal dengan kata measurement yang diartikan sebgai kegiatan yang dilkukan untuk mengukur sesuatu, yakni membandikan sesuatu dengan keteria/ukuran tertentu atau proses pemasangan fakta-fakta objek ukur dengan satuan-satuan ukur tertentu.

2.    Konsep Penilaian ( assesment )

Penilaian adalah semua bentuk pengumpulan informasi oleh guru , kemudian dianalisis, disintesiskan , diinterprensikan, dan digunakan dalam kelas untuk mengambil suatu keputusan.

3.    Konsep Evaluasi ( value )

Evaluasi adalah nilai atau harga.

B.    Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran

·         Untuk menghimpun bahan-bahan keterangan, sebagai bukti mengenai taraf perkembangan atau kemajuan yang dialami siswa setelah mengikuti pembelajaran dalam waktu tertentu.

·         Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari metode-metode pengajaran yang telah digunakan dalam proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.

·         Memotivasi siswa untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasinya.

·         Untuk mencari dan menemukan faktor-faktor penyebab keberasilan dan ketidak berhasilan perserta didik.

Ø  Fungsi evaluasi pembelajaran

·         Fungsi adminitratif

Hasil evaluasi pembelajaran dapat berfungsi sebagai bahan pemberian laporan kepada orang tua atau pihak-pihak yang berkepentingan.

·         Fungsi diagnostik

Hasil evaluasi memiliki fungsi diagnostik yaitu mengindentifikasi masalah atau kesulitan yang dialami siswa dan sekaligus berfungsi untuk merencanakan tindak lanjut berupa upaya-upaya pemecahan masalah.

 

C.   Objek Evaluasi hasil Pembelajaran

Ø  Domain kognitif

·         Pengetahuan

·         Pemahaman

·         Penerapan

·         Analisis

·         Sisntensis

Ø  Ranah Afektif

·         Kemauan menerima

·         Menanggapi / menjawab

·         Menilai

·         Organisasi

·         Menghayati

Ø  Ranah psikomtorik

·         Imitasi

·         Manipulasi

·         Presisi

·         Artikulasi

·         Naturalisasi

D.   Prinsip – prinsip Evaluasi Pembelajaran

Ø  Objektivitas

Ø  Komprehensif

Ø  Tranparasi

Ø  Koherensi

Ø  Kontinyuitas

Ø  Berkradilan

E.    Jenis – jenis Evaluasi Pembelajaran

Ø  Evaluasi Formatif

Ø  Evaluasi Sumatif

Ø  Evaluasi Seleksi

Ø  Evaluasi Penetapan

Ø  Evaluasi Dignotif

F.    Alat-alat Evaluasi Pembelajaran

Ø  Tes adalah alat ukur yang disusun secara sistematis, digunakan dalam rangka kegiatan pengukuran yaitu untuk menguku karakteristik orang atau objek tertentu dengan ketentuan atau cara yang sudah di tentukan.

·         Tes Tertulis

·         Tes lisan

·         Tes berbuatan

 

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar