ASESMEN DALAM KURIKULUM MARDEKA (KB 2)
PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul : EVALUASI PEMBELAJARAN
B. Kegiatan
Belajar : ASESMEN DALAM KURIKULUM
MARDEKA (KB 2)
C. Refleksi
NO |
BUTIR REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
1 |
Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB |
A.
Konsep
Asesmen dalam kurikulum Mardeka Kurikulum mardeka menekankan
pentingnya keterampilan pembelajaran dengan
asesmen, terutama formatif sebagai suatu siklus belajar. Berikut ini adalah ilustrasi siklus
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen : Ø Pendidikan
yang menyusun rencana formatif yang akan dilakukan di awal pembelajaran dan
asesmen di akhir pembelajaran. Ø Pendidik
melakukan asesmen di awal pembelajaran untuk menilai kesiapan setiap individu
perserta didik untuk mempelajari materi yang telah dirancang, Ø Berdasarkan
hasil asesemn pendidik memodifik recana yang dibuatnya dan / membuat
penyesesuaian untuk sebagian perserta didik. Ø Melaksankan
pembelajaran dan mengunakan metode asesmen formatif untuk memonitor kemajuan
belajar. Ø Melaksanakan
asesmen di akhir pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan
pembelajaran. B. Prinsip-prinsip
Asesmen Pembelajaran Ø Asesmen
merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitas pembelajaran dan
menyediakan informasi yang holistik sebagi unpan balik untuk pendidik, perserta
didik dan orang tua/ wali agar dapat memandu
mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selajutnya. Ø Asesmen
dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan
keleluasan untuk menentukan teknik dan waktu peleksanan asesmen agar efektif
mencapai tujuan pembelajaran. C. Jenis-jenis
Asesmen dalam Kurikulum Mardeka ·
Asesmen Diagnotik Bertujuan
untuk mengidentifikasi kompentensi kekuatan, kelemahan perserta didik. ·
Asesmen Formatif Bertujuan
untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi
percapaian tujuan pembelajaran ·
Asesmen Sumatif Asesmen
yang dilakukan pada akhir pembelajaran. D. Merancang
Asesmen Pembelajaran ·
Rubrik ·
Ceklis ·
Catatan anecdotal ·
Grafik perkembangan ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan ·
Portopolio E. Bentuk-bentuk
Asesmen kurikulum Mardeka ·
Jurnal Yang
bertujuan untuk melatih kemampuan murid untuk mengongansasi dan
mengekspresikan ide/ pemikiran dalam bentuk tulisan memberikan kebebasan
berfikir, dan menjadi lat untuk murid . ·
Essay Yang
bertujuan untuk mengasah keterampilan perserta didik. ·
Poster Yang
bertujuan mendorong kemampuan murid untuk mengeksplosikan topik dan
mengkomunikasikan pemahaman mereka dengan cara semenarik mungkin. ·
Tes tertulis F. Penyusunan
Instrumen Penilaian Ø Tes
tetulis Ø Penilaian
sikap Ø Penilaian
keterampilan |
2 |
Daftar materi pada KB yang sulit dipahami |
|
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
|
0 Komentar