PAI EVALUASI PEMBELAJARAN ASESMEN DALAM KURIKULUM MARDEKA MODUL 4 ( LK-KB2 )

 ASESMEN DALAM KURIKULUM MARDEKA (KB 2)

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

 

A.   Judul Modul            : EVALUASI PEMBELAJARAN

B.   Kegiatan Belajar   : ASESMEN DALAM KURIKULUM MARDEKA (KB 2)

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

A.    Konsep Asesmen dalam kurikulum Mardeka

       Kurikulum mardeka menekankan pentingnya keterampilan pembelajaran dengan asesmen, terutama formatif sebagai suatu siklus belajar.

       Berikut ini adalah ilustrasi siklus perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen :

Ø  Pendidikan yang menyusun rencana formatif yang akan dilakukan di awal pembelajaran dan asesmen di akhir pembelajaran.

Ø  Pendidik melakukan asesmen di awal pembelajaran untuk menilai kesiapan setiap individu perserta didik untuk mempelajari materi yang telah dirancang,

Ø  Berdasarkan hasil asesemn pendidik memodifik recana yang dibuatnya dan / membuat penyesesuaian untuk sebagian perserta didik.

Ø  Melaksankan pembelajaran dan mengunakan metode asesmen formatif untuk memonitor kemajuan belajar.

Ø  Melaksanakan asesmen di akhir pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

B.    Prinsip-prinsip Asesmen Pembelajaran

Ø  Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitas pembelajaran dan menyediakan informasi yang holistik sebagi unpan balik untuk pendidik, perserta didik dan orang tua/ wali agar dapat memandu  mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selajutnya.

Ø  Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasan untuk menentukan teknik dan waktu peleksanan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.

C.   Jenis-jenis Asesmen dalam Kurikulum Mardeka

·         Asesmen Diagnotik

Bertujuan untuk mengidentifikasi kompentensi kekuatan, kelemahan perserta didik.

·         Asesmen Formatif

Bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi percapaian tujuan pembelajaran

·         Asesmen Sumatif

Asesmen yang dilakukan pada akhir pembelajaran.

D.   Merancang Asesmen Pembelajaran

·         Rubrik

·         Ceklis

·         Catatan anecdotal

·         Grafik perkembangan

·         Tes tertulis

·         Tes lisan

·         Penugasan

·         Portopolio

 

E.    Bentuk-bentuk Asesmen kurikulum Mardeka

·         Jurnal

Yang bertujuan untuk melatih kemampuan murid untuk mengongansasi dan mengekspresikan ide/ pemikiran dalam bentuk tulisan memberikan kebebasan berfikir, dan menjadi lat untuk murid .

·         Essay

Yang bertujuan untuk mengasah keterampilan perserta didik.

·         Poster

Yang bertujuan mendorong kemampuan murid untuk mengeksplosikan topik dan mengkomunikasikan pemahaman mereka dengan cara semenarik mungkin.

·         Tes tertulis

 

F.    Penyusunan Instrumen Penilaian

Ø  Tes tetulis

Ø  Penilaian sikap

Ø  Penilaian keterampilan

 

 

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

 

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar